Faktor Penyebab Penyakit Asam Urat

Faktor Penyebab Penyakit Asam Urat Yang Harus Anda Waspadai

Mengetahui berbagai faktor penyebab asam urat atau faktor penyebab penyakit asam urat sebelum Anda malakukan pengobatan sangatlah penting dan mendesak. Hal ini jadi sangat penting mengingat jenis atau macam penyakit asam urat minimalnya dibagi menjadi dua macam, yaitu penyakit asam urat primer dan penyakit asam urat sekundar. Pembagian ini didasarkan pada faktor penyebab untuk seseorang terpapar penyakit yang sangat menyiksa dan mematikan ini.

Baca juga: Tanda Atau Gejala Penyakit Asam Urat

Dua Faktor Penyebab Penyakit Asam Urat Atau Menumpuknya Asam Urat

Ada dua faktor utama sebagai penyebab atau sebab terjadinya penyakit asam urat pada seseorang. Yaitu penyebab primer dan penyebab sekunder. Penyebab primer dari penyakit asam urat berasal dari dalam tubuh itu sendiri sedang penyebab skunder berasal dari luar tubuh.

Penyebab Asam Urat Primer

Penyebab ini sangat terkait dengan faktor dari dalam tubuh seseorang namun belum diketahui secara pasti. Diduga disebabkan oleh faktor genetik dan ketidak seimbangan hormonal dalam tubuh yang menyebabkan gangguan metabolisme yang dapat mengakibatkan meningkatnya produksi asam urat. Bisa juga disebabkan oleh terganggunya proses pengeluaran asam urat dari tubuh karena ginjal lagi bermasalah alias tidak sehat.

Penyebab Asam Urat Sekunder

Penyebab ini sangat berkait erat dengan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Konsumsi makanan yang banyak mengandung purin sebagai faktor utama untuk penyebab sekunder ini. Produksi asam urat meningkat karena kita mengkonsumi nutrisi kadar purin tinggi. Purin merupakan salah satu senyawa basa organik yang menyusun asam nukleat (asam inti dari sel). Dia termasuk dalam kelompok asam amino, unsur pembentuk protein.

Baca: Makanan Pantangan Untuk Penderita Penyakit Asam Urat

Produksi asam urat meningkat juga bisa karena penyakit darah (penyakit sumsum tulang, polisitemia), obat-obatan (alkohol, obat-obat kanker, vitamin B12). Penyebab lainnya adalah obesitas (kegemukan), penyakit kulit (psoriasis), kadar trigliserida yang tinggi. Pada penderita diabetes yang tidak terkontrol dengan baik biasanya terdapat kadar benda-benda keton (hasil buangan metabolisme lemak) yang meninggi. Benda-benda keton yang meninggi inilah sebagai sebab asam urat juga ikut meninggi.

Baca juga: Cara Mencegah Penyakit Asam Urat Secara Alami

Faktor Penyebab Asam Urat Meningkat

Faktor risiko yang menyebabkan orang terserang penyakit asam urat adalah pola makan, kegemukan, dan suku bangsa.

Di dunia, suku bangsa yang paling tinggi prevalensinya pada orang Maori di Australia. Prevalensi orang Maori terserang penyakit asam urat tinggi sekali, sedangkan di Indonesia prevalensi tertinggi pada penduduk pantai dan yang paling tinggi di daerah Manado-Minahasa karena kebiasaan atau pola makan ikan dan mengonsumsi alkohol.

Alkohol menyebabkan pembuangan asam urat lewat urine ikut berkurang sehingga asam uratnya tetap bertahan di dalam darah. Konsumsi ikan laut yang tinggi juga mengakibatkan asam urat tinggi. Banyak sekali hewan laut yang tinggi purin. Kebiasaan makan ikan laut bisa memicu tingginya asam urat dalam darah.

Asupan yang masuk ke tubuh sangat memengaruhi kadar asam urat dalam darah. Makanan yang mengandung zat purin yang tinggi akan diubah menjadi asam urat. Purin yang tinggi terutama terdapat dalam jeroan, sea food: udang, cumi, kerang, kepiting, ikan teri. Bagi Anda yang ingin terhindar dari penyakit asam urat maka batasilah mengkonsumsi jenis makanan di atas.

KALAU menurut hasil pemeriksaan laboratorium kadar asam urat terlalu tinggi, kita perlu memperhatikan masalah makanan. Makanan dan minuman yang selalu dikonsumsi apakah merupakan pemicu asam urat atau tidak. Pada orang gemuk, asam urat biasanya naik sedangkan pengeluarannya sedikit. Maka untuk keamanan, orang biasanya dianjurkan untuk mengatur pola makan dan menurunkan berat badan.

Yang paling penting untuk diketahui adalah kalau asam urat tinggi dalam darah, tanpa kita sadari akan merusak organ-organ tubuh, terutama ginjal, karena saringannya akan tersumbat. Tersumbatnya saringan ginjal akan berdampak munculnya batu ginjal, atau akhirnya bisa mengakibatkan gagal ginjal. Sangat dianjurkan untuk sering periksa kadar asam urat dalam darah agar kita bisa mengambil tindakan yang tepat kalau ada indikasi penumpukan asam urat.

Baca: Keajaiban Madu Klanceng Atau Madu Trigona Dalam Mengatasi Penyakit Ginjal

Asam urat pun merupakan faktor risiko untuk seseorang terjangkit penyakit jantung koroner. Diduga kristal asam urat akan merusak endotel (lapisan bagian dalam pembuluh darah) koroner. Karena itu, siapapun yang kadar asam uratnya tinggi harus berupaya untuk menurunkannya agar kerusakan tidak merembet ke organ-organ tubuh yang lain.

Penumpukan asam urat bisa menimbulkan berbagai komplikasi penyakit berat. Organ penting bisa mengalami kerusakan akibat tingginya asam urat dalam tubuh kita. Oleh karena itulah, sekali lagi, sering-seringlah untuk Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui kadar asam urat Anda.

Baca: Extra Virgin Coconut Oil Solusi Alami Dalam Menurunan Asam Urat

Tahapan-Tahapan Penyakit Asam Urat

Ada tiga tahapan penyakit asam urat berdasarkan tingkat keparahannya, yaitu:

  • Tahap pertama. Pada tahap ini kadar asam urat sudah naik di dalam darah, tetapi belum ada gejala asam urat yang muncul. Bisa saja Anda tidak akan pernah merasakan gejala asam urat pada tahapan ini. Biasanya, orang yang mengalami hal ini, baru akan merasakan gejala asam urat pertama kali setelah ia terserang penyakit batu ginjal. Oleh karenanya sangat disarankan untuk Anda sering-sering periksa ke dokter untuk mengetahui kadar asam urat dalam darah Anda. Tahap pertama ini jangan sekali-kali Anda remehkan.
  • Tahap kedua. Saat memasuki tahap kedua, maka kadar asam urat yang terlalu tinggi tersebut telah membentuk kristal-kristal yang biasanya terjadi pada bagian jari kaki. Dalam tahap ini, Anda baru akan merasakan nyeri dan sakit pada sendi, tetapi hal ini tidak akan berlangsung lama. Selang beberapa waktu kemudian, Anda baru akan mengalami gejala asam urat lainnya dengan intensitas dan frekuensi yang semakin sering. Apabila telah memasuki tahapan kedua ini maka Anda harus benar serius dalam mengatasinya.
  • Tahap ketiga. Di tahap ketiga ini, gejala asam urat tak kunjung hilang dan kristal-kristal asam urat yang terbentuk tidak hanya menyerang satu sendi saja. Bahkan, dalam tahap ini akan muncul gumpalan-gumpalan zat tersebut yang sudah mengkristal di bawah kulit. Kondisi ini menyebabkan rasa nyeri yang lebih parah dan dapat merusak tulang-tulang rawan.

Sebagian besar orang yang menderita penyakit asam urat, hanya mengalami tahap satu atau dua saja. Cukup jarang orang yang menderita asam urat ditemukan telah mencapai tahapan ketiga, karena sebagian besar pada tahap kedua penderita gejala asam urat sudah dapat ditangani dengan baik.

Baca juga: Cara Mengatasi Penyakit Asam Urat Secara Alami

Demikianlah ulasan tentang penyebab asam urat tinggi atau penyebab penyakit asam urat yang bisa kami suguhkan buat pembaca sekalian. Semoga pembahasan ini bermanfaat untuk Anda. Sebarkan artikel ini ke orang-orang yang Anda cinta agar mereka bisa mengambil manfaat dari artikel penting ini.

Tags: , , , ,
Previous Post
Tanda Atau Gejala Penyakit Asam Urat
asam urat Penyakit Asam Urat

Tanda Atau Gejala Penyakit Asam Urat Yang Harus Anda Waspadai

Next Post
Definisi Atau Pengertian Penyakit Asam Urat
asam urat Penyakit Asam Urat

Definisi Atau Pengertian Asam Urat Dan Penyakit Asam Urat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *